="Rekomendasi judi online Terbaik!"

Minggu, 15 November 2015

Pewarna Hitam untuk Kue Bisa Dibuat Sendiri dengan Cara Ini





IGN- Makanan hitam biasanya memakai tinta cumi atau arang bambu. Namun pewarna makanan juga bisa dipakai untuk menciptakan warna hitam pada makanan.

Foto: Thinkstock

Kue biasanya memakai arang bambu atau bubuk cokelat pekat untuk memberi warna hitam. Sedangkan makanan gurih umumnya menggunakan tinta cumi. Jika Anda ingin membuat sendiri pewarna hitam, bisa juga memanfaatkan warna-warna terang lain. Berikut langkah-langkahnya menurut Wikihow.

1. Gunakan pewarna makanan

Foto: Thinkstock

Belilah pewarna makanan (food coloring) merah, biru dan hijau terang. Sebenarnya warna kuning juga bisa menggantikan hijau. Tapi warna lebih terang membuat makin sulit menghasilkan warna gelap

Campuran warna itu dapat menghasilkan warna abu-abu gelap. Warna tersebut mirip hitam, sehingga Anda tak perlu lagi membeli pewarna makanan hitam. 

Khusus untuk membuat icing atau frosting, sebaiknya pakailah pewarna makanan tipe gel atau pasta. Sebab pewarna makanan yang cair bisa membuat icing terlalu encer. 

2. Campurkan bubuk cokelat

Foto: Wikihow

Hasil akhir pemakaian pewarna selalu lebih baik jika resep makanannya berwarna gelap. Namun jika menggunakan resep frosting putih, benahi warnanya dengan tambahan satu sendok bubuk cokelat pada satu waktu. 

Pemakaian bubuk cokelat gelap memang akan memberi hasil terbaik. Tapi bubuk cokelat biasa juga bisa dipakai dalam metode ini. 

3. Jumlah pewarna setara

Foto: Wikihow

Tambahkan pewarna merah, hijau dan biru dalam resep Anda dengan jumlah yang sama. Mulailah dengan beberapa tetes dari tiap warna, lalu aduk hingga rata. Ulangi sampai campurannya menggelap berwarna abu-abu pekat. Pastikan selalu menambahkan pewarna dalam jumlah setara.

4. Sesuaikan warna

Foto: Wikihow

Jika Anda melihat warna lain selain abu-abu dalam campuran, buatlah penyesuaian warna. Bila tampak hijau, tambahkan pewarna merah. Jika berwarna ungu, tambahkan warna hijau. Buatlah penyesuaian dengan menuangkan satu tetes pewarna pada tiap waktu. Aduk merata setiap menambah tetesan.

5. Hasil akhir

Foto: Wikihow

Tunggulah sampai hasil warna akhir muncul. Sebaiknya jauhkan adonan dari pancaran cahaya dan panas, karena bisa menyebabkan warna memudar. 

Kebanyakan pewarna makanan akan menjadi pekat dalam buttercream. Namun sedikit pudar pada royal icing dan icing rebus. Bila membuat jenis icing rebus, pertimbangkan menambah warna setengah jam sebelum penyajian untuk meminimalisir kepudaran.

Di beberapa wilayah, kimia dalam air bisa mengubah warna. Untuk buttercream, warna yang muncul akan lebih baik bila dibuat dengan susu.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com

.

Info AgenTerpercaya © 2015 Agen Terpercaya IDN